Iklan

Iklan

Rohul Waspada Covid-19, GH Koem Pai Inisiasi Pembuatan Hand Sanitizer Gratis

Admin
21 Maret 2020, 21.15 WIB Last Updated 2020-11-08T09:34:11Z

PASIR PENGARAIAN - Wabah virus Corona atau Covid-19 tengah menjadi momok menakutkan di seluruh negara di dunia beberapa bulan terakhir. Provinsi Riau menjadi salah satu daerah yang terpapar virus corona, ditunjukan dengan bertambahnya jumlah positif dan meningkatnya jumlah suspect serta ODP (Orang Dalam Pengawasan).

Dari data Tim Terpadu Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), sudah ada 110 warga Rohul yang masuk dalam (ODP) namun dipastikan belum ada yang positif Covid-19.

Ironisnya, di tengah situasi tersebut keberadaan hand Sanitizer sebagai salah satu langkah mencegah virus menyerang tubuh manusia juga langka. Jikapun ada, harganya kini sudah selangit.

Kondisi ini mengudang keprihatinan Organisasi Pemerhati Lingkungan & Sosial Green House (GH) Koem_Pai bersama Mapala Polipera Universitas Pasir Pengaraian (UPP) sehingga berinisiatif menggalang mahasiswa untuk menjadi relawan dalam membuat hand Sanitizer yang akan dibagikan secara gratis kepada warga.

"Kita akan membuat aksi nyata mencegah penyebaran corona di Rokan Hulu, dengan membuat hand sanitizer secara alami dan nantinya akan dibagikan kepada masyarakat secara gratis," cakap Direktur GH Koem_pai Yusro Fadly, Sabtu (21/3/2020).

Selain hand sanitizer, lanjut Fadly GH Koem_pai dan Mapala Polipera UPP akan membuat handwash (tempat cuci tangan) portable dan akan diletakkan di tempat-tempat pelayanan publik seperti pasar dll.

"Penyebaran virus Covid-19 atau Corona ini sangat mudah, jadi kami berharap dengan menerapkan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) di lingkungan dan diri kita hal ini bisa menjadi langkah mengantisivasi penyebarannya. Kita mengajak pemuda Rohul bergabung dengan gerakan ini menjadi relawan mencegah penyebaran virus ini," ungkap Fadly yang juga aktif di pembinaan petani dan buruh ini.

Dikatakan Yusro Fadly, saat ini rencana pembuatan handsanitizer sudah mendapatkan dukungan dari beberapa perusahaan swasta dan BUMD yang ada di Rohul, diantaranya PKS RSI, Astra Group dan Bank BPR Rohul.

"Alhamdulillah beberapa perusahaan tersebut siap mendonasikan bahan-bahan pembuatan hand sanitizer dan hand wash seperti tangki air, wastafel dan juga bahan lainnya. Sementara pembuatan tempat tangki air dan wastafelnya kita kerjakan secara sukarela bersama relawan-relawan yang ada," terang Mantan Kades Lubuk Bendahara Ini.

Yusro berharap, langkah GH Koem_pai dan Mapala Polipera ini juga diikuti perusahaan lain yang ada di Rohul serta ormas atau lembaga lembaga, baik itu lembaga pemerintah maupun swasta.

"Kami siap menerima donasi dalam bentuk perlengkapan dan peralatan untuk membuat ini, diantaranya tangki air, wastafel, baja ringan serta tempat hand sanitizer," ujarnya.

"Kita juga mengajak seluruh anak muda Rokan Hulu untuk bergabung menjadi relawan kemanusiaan," cegah Covid 19 menuju Rokan Hulu bebas dari Corona," ujarnya.

Untuk donasi dan keikutsertaan dalam relawan silakan menghubungi Yusro Fadly (0812 7647 230) atau Ketua Mapala Polipera (08217455 5725).cakaplah
Komentar

Tampilkan

  • Rohul Waspada Covid-19, GH Koem Pai Inisiasi Pembuatan Hand Sanitizer Gratis
  • 0

Terkini

Terkini Lainnya